KIKD Teknik Pemesinan Frais SMK Kurikulum 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian         : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian       : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian  : Teknik Pemesinan (C3)
Mata Pelajaran            : Teknik Pemesinan Frais
Jam Pelajaran              : 456 JP (@ 45 Menit)            

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan  etakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari  keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami bagian-bagianmesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya
4.1     Mengidentifika si bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya
3.2     Memahami handel-handel yang tersedia pada mesinuntuk proses pen gefraisan
4.2     Mengidentifi kasi handel-handel yang tersedia pada mesin untuk pengefraisan
3.3     Memahami mesin mesin frais untuk jenis pekerjaan tertentu yang disyaratkan
4.3     Mengidentifi kasi mesin frais untuk jenis pekerjaan tertentu yang disyaratkan
3.4     Menganalisis kecepatan putar mesin frais untuk berbagai kecepatan potong bahan
4.4     Menggunakan kecepatan putar mesin frais untuk berbagai macam kecepatan potong bahan
3.5     Memahami alat potong mesin frais       
           
4.5     Mengidentifi kasi alat potong mesin frais sesuai dengan jenis  pekerjaan
3.6     Menganalisis alat potong pada holder sesuai keperluannya
4.6     Menggunakan alat potong sesuai keperluannya
3.7     Mengklasifikasi penjepit benda kerja/ragum mesin
4.7     Menunjukkan ragum untuk penjepitan benda kerja sesuai spesifikasi benda kerja
3.8     Menganalisis penjepit benda kerja/ragum pada meja mesin
4.8     Menggunakan ragum untuk menjepit benda kerja
3.9     Mengevaluasi parameter pemotongan mesin frais untuk berbagai jenis pekerjaan          
4.9     Menggunakan parameter pemotongan mesin frais untuk  berbagai jenis pekerjaan
3.10   Menerapkan prosedur teknik pengefraisan balok segi empat
4.10   Membuat balok segi empat       
3.11   Menerapkan standar operasional prosedur teknik pengefraisan rack dan roda gigi lurus   
4.11   Menggunakan teknik pengefraisan untuk
            pembuatan rack dan roda gigi lurus
3.12   Menerapkan prosedur teknik pengefraisan benda kerja bertingkat     
4.12   Membuat benda kerja bertingkat
3.13   Menganalisis pembuatan benda kerja dengan memiringkan meja mesin untuk pembuatan rack miring
4.13   Menentukan pembuatan benda kerja dengan memiringkan meja mesin untuk pembuatan rack miring
3.14   Menerapkan prosedur teknik mengefrais roda gigi miring
4.14   Membuat roda gigi miring
3.15   Memahami teknik mengefrais roda gigi konis/payung
4.15   Merancang pembuatan roda gigi konis/payung
3.16   Menganalisis prosedur teknik frais roda gigi payung
4.16   Menentukan pembuatan roda gigi konis/payung
3.17   Memahami pengefraisan alur melingkar menggunakan rotari table
4.17   Merancang pembuatan   menggunakan rotari table.
3.18   Menganalisis pengefraisan alur melingkar menggunakan rotari table
4.18   Menentukan pembuatan alur melingkar menggunakan rotary table
3.19   Menerapkan prosedur teknik mengefrais alur spiral
4.19   Membuat alur spiral
3.20   Mengevaluasi pemotongan  alur menggunakan slide mill
4.20   Membuat alur pada benda kerja menggunakan slide mill
3.21   Menerapkan pemotongan menggunakan slot mill
4.21   Membuat alur bentuk T  pada mesin frais menggunakan slot mill
3.22   Menerapkan pemotongan chamfer
4.22   Membuat chamfer  benda kerja menggunakan angle cuter 45°


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »