KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi
Keahlian : Teknik Pemesinan (C3)
Mata
Pelajaran : Teknik Pemesinan
Bubut
Jam
Pelajaran : 422 JP (@ 45 Menit)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan etakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami bagian-bagian mesin bubut
berdasarkan jenis dan fungsinya
|
4.1 Mengidenti fikasi bagian-bagian mesin bubut
berdasarkan jenis dan fungsinya
|
3.2 Memahami handel-handel yang tersedia pada
mesin untuk pembubutan
|
4.2 Mengidenti fikasi handel-handel yang tersedia
pada mesin untuk pembubutan
|
3.3 Memahami mesin mesin bubut untuk jenis
pekerjaan tertentu yang disyaratkan
|
4.3 Menidentifi kasi mesin bubut untuk jenis
pekerjaan tertentu yang disyaratkan
|
3.4 Menganalisis kecepatan putar mesin bubut
untuk berbagai kecepatan potong bahan
|
4.4 Menggunakan kecepatan putar mesin bubut
untuk berbagai kecepatan potong bahan
|
3.5 Mengevaluasi kecepatan putaran mesin
berdasarkan tabel yang tersedia untuk
pemotongan/pembubutan
|
4.5 Menentukan kecepatan putaran mesin
berdasarkan tabel yang tersedia untuk
pemotongan/ pembubutan
|
3.6 Memahami alat potong mesin bubut
|
4.6 Mengidentifi kasi alat potong yang sesuai
untuk pekerjaan membubut
|
3.7 Menganalisis alat potong untuk sesuai keperluannya
|
4.7 Menggunakan alat potong sesuai keperluannya
|
3.8 Menganalisis parameter pemotongan mesin
bubut untuk berbagai jenis
pekerjaan
|
4.8 Menggunakan parameter pemotongan mesin
bubut untuk berbagai jenis pekerjaan
|
3.9 Menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada
pemesinan bubut
|
4.9 Menggunakan
teknik pemesinan bubut untuk berbagai
jenis pekerjaan
|
3.10 Menerapkan prosedur teknik membubut eksentrik
|
4.10 Membuat poros eksentrik menggunakan mesin
bubut
|
3.11 Menerapkan prosedur teknik membubut
bentuk oval/handel mesin
|
4.11 Membuat bentuk oval/handel mesin dengan
prosedur yang benar
|
3.12 Mengevaluasi suaian untuk pembubutan komponen
yang berpasangan
|
4.12 Menyajikan suaian untuk membuat komponen yang
berpasangan
|
3.13 Merancang komponen suaian yang berpasangan
|
4.13 Menentukan komponen yang berpasangan
|
3.14 Menerapkan prosedur teknik membubut ulir segi
empat untuk batang dan
murnya
|
4.14 Membuat ulir segi empat luardan dalam
|
3.15 Menerapkan prosedur teknik pembubutan
benda kerja dengan taper atachement
|
4.15 Membuat tirus mengguna kantaper atachement
sesuai prosedur
|
3.16 Menerapkan prosedur teknik pembuatan ulir
cacing
|
4.16 Membuat ulir cacing
|
3.17 Menganalisis pembuatan benda kerja yang
tak teratur yang dibubut menggunakan
face plate
|
4.17 Menentukan pembuatan benda kerja yang tak
teratur menggunakan face plate
|
3.18 Menganalisis pembubutan benda kerja yang
panjang menggunakan kacamata jalan/tetap
|
4.18 Menentukan pembuatan benda kerja yang
panjang menggunakan kacamata jalan/tetap
|
3.19 Menerapkan prosedur teknik pembuatan benda kerja rakitan, dengan menggunakan
berbagai cara
|
4.19 Membuat benda kerja rakitan yang komplek
dengan menggunakan berbagai cara sesuai dengan prosedur.
|